Seputar Tentang Konsep Pinjaman Online dan APR

Tips trik

APR telah lama digunakan untuk menunjukkan biaya pinjaman. Tapi apakah mereka pengukuran yang paling akurat? Kami membawa Anda melalui APR, suku bunga dan bagaimana Anda harus menggunakannya saat memilih pinjaman online resmi ojk.Ketika Anda mulai mencari-cari pinjaman pribadi Anda, Anda akan melihat bahwa sebagian besar mengiklankan ‘APR’ mereka. Ini adalah ukuran standar yang dimaksudkan untuk membantu konsumen membandingkan produk keuangan.

Ini adalah indikator yang berguna tentang berapa biaya pinjaman tetapi, tergantung pada jenis pinjaman yang ingin Anda ambil, itu tidak selalu merupakan cara terbaik untuk memeriksa apakah Anda mendapatkan banyak.Di sini, kita melihat pemahaman APR dan mengapa mereka tidak selalu berguna seperti yang terlihat.

Seputar Tentang Konsep Pinjaman Online dan APR
-Apa itu APR?
APR adalah singkatan dari Tingkat Persentase Tahunan dan digunakan untuk menggambarkan berapa biaya untuk meminjam selama satu tahun dan termasuk biaya apa pun ditambah bunga yang dikenakan.Peraturan Indonesia menentukan seperangkat prinsip standar tentang bagaimana APR harus dihitung untuk memastikannya dapat digunakan sebagai perbandingan yang adil antar produk.

Sementara Suku Bunga terlihat seperti angka yang serupa, ada beberapa cara penerapannya yang akan menghasilkan produk yang membebani Anda lebih atau kurang. Ini termasuk: untuk periode berapa bunga itu berlaku karena mungkin bukan satu tahun, ketika bunga ditambahkan ke saldo, bagaimana pembayaran kembali diperlakukan.Juga bukan hanya penerapan suku bunga yang menentukan biaya bagi konsumen – biaya produk juga bisa menjadi biaya yang signifikan.

APR mencakup biaya untuk memastikan perbandingan yang adil antara produk yang mengenakan tingkat biaya yang berbeda.APR harus disediakan oleh pemberi pinjaman online resmi ojk sebelum Anda menandatangani di garis putus-putus untuk mengambil pinjaman pribadi. Otoritas Perilaku Keuangan, yang mengatur industri, mengatakan bahwa APR dimaksudkan sebagai alat untuk membantu konsumen membandingkan produk keuangan.

-Bagaimana Cara Menghitung APR?
Untuk menghitung APR, Anda harus menghitung total biaya bunga dan menambahkan biaya apa pun dan kemudian mengembalikannya ke tingkat bunga tahunan yang akan menghasilkan biaya yang sama. Untungnya, Anda tidak perlu menyelesaikan ini karena pemberi pinjaman diharuskan untuk menyelesaikannya dan menunjukkannya dengan jelas di mana pun mereka mempromosikan produk mereka.

-Apa yang Dimaksud Dengan APR ‘Perwakilan’?
Merupakan persyaratan peraturan tambahan bahwa penyedia pinjaman juga akan memberikan “APR Perwakilan”. APR Perwakilan adalah APR yang secara wajar diharapkan oleh perusahaan dapat dicapai oleh 51% pelamarnya.Ini berarti bahwa setidaknya 51% pelamar akan ditawari tarif ini, sementara 49% dapat, secara teori, ditawari tarif yang lebih tinggi. APR aktual yang Anda tawarkan dapat bervariasi karena keadaan pribadi Anda seperti riwayat kredit Anda.

Kesimpulan
Karena APR berada di sana untuk memberikan gambaran biaya selama satu tahun, menggunakan alat yang sama untuk pinjaman jangka pendek tidak terlalu membantu dalam memahami berapa biaya pinjaman yang sebenarnya.Pinjaman jangka pendek misalnya, adalah produk pinjaman yang biasanya dirancang untuk meminjam uang dalam jumlah yang lebih kecil dan cenderung diambil untuk jangka waktu kurang dari satu tahun.

Pinjaman online resmi ojk sering dilunasi melalui sejumlah angsuran, seperti pinjaman pribadi biasa, tetapi dapat memiliki jangka waktu hanya beberapa bulan.Mereka sering digunakan untuk menutupi biaya tak terduga, meringankan tekanan keuangan atau membayar perbaikan penting. Mereka menawarkan solusi dalam jangka pendek, selama Anda yakin dapat memenuhi pembayaran Anda. Pinjaman jangka pendek sering tersedia bagi mereka yang memiliki peringkat kredit buruk butuh akses cepat ke dana.

Tetapi mereka tunduk pada tingkat bunga yang jauh lebih tinggi, dan dapat menyebabkan masalah utang lebih lanjut jika Anda berjuang untuk membayarnya kembali.Untuk memberikan pandangan yang lebih jelas tentang biaya pinjaman pinjaman jangka pendek, menyadari bahwa APR tidak terlalu membantu untuk pinjaman di bawah satu tahun.FCA memperkenalkan Total Amount Payable (TAP). Jumlah total yang harus dibayar adalah jumlah sebenarnya.

Ini adalah total semua angsuran bulanan yang dibayarkan selama periode pinjaman.Memahami APR, APR Perwakilan, bagaimana perhitungannya dan bagaimana hal itu dapat berubah, adalah awal yang baik dalam menemukan pinjaman yang paling cocok untuk keadaan Anda dan memberi Anda kepercayaan diri untuk merasa seperti Anda dapat menemukan banyak hal.