10 Lauk Pendamping Nasi Kuning yang Paling Enak, Gurihnya Berlipat

Pernahkah Anda mendengar nama nasi kuning? Nasi kuning tentunya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini biasanya ada dalam sebuah perayaan khusus seperti dugderan, ulang tahun atau perayaan lahirnya seorang bayi.

Asal muasal nasi kuning sendiri sebenarnya dari jawa, walaupun banyak lauk nasi kuning di berbagai daerah. Saat ini kebanyakan orang Indonesia sangat menyukai nasi kuning untuk berbagai perayaan. Dalam tradisi Bali artinya berbeda. Selain putih, merah dan hitam, kuning merupakan salah satu dari empat warna sakral yang menjadi kepercayaan masyarakat lokal Bali. Nasi kuning biasanya disajikan pada upacara Kuningan.

Meskipun sudah menjadi resep masakan nusantara yang disukai banyak orang di Indonesia, ternyata masih banyak loh yang tidak tahu bagaimana cara membuat makanan yang satu ini. Agar Anda tidak merasa bingung, Anda bisa mencoba resep membuat nasi kuning dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah

  • 1 kilogram beras
  • 1 butir kelapa atau 2 sachet santan instan siap pakai
  • 2 sendok teh garam, bisa ditambahan sesuai selera
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 serai
  • 2 ½ bungkus kunyit bubuk sachet
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri

Selanjutnya, kita akan membahas cara membuat nasi kuning:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci beras sampai bersih. Cucilah beras sesuai dengan bagaimana biasanya Anda melakukannya.
  2. Setelah itu, Anda bisa menghaluskan bumbu-bumbu halus. Bahan yang perlu Anda haluskan adalah bawang merah, bawang putih dan kemiri. Anda bisa menggunakan ulekan atau blender agar lebih praktis.
  3. Siapkan penggorengan dan sedikit minyak. Tumis bumbu halus tersebut sampai berbau harum dan menjadi matang.
  4. Siapkan magic com, setelah itu masukkan beras dan air seperti Anda biasa menanak nasi. Gunakan takaran yang sama seperti biasanya. Jika sudah, masukkan juga santan, garam, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan semua bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk sebentar, setelah itu tambahkan kunyit. Fungsi kunyit adalah untuk memberikan warna kuning alami pada nasi.
  5. Selanjutnya adalah melakukan koreksi rasa. Anda bisa mengaduk nasi sambil mencicipinya selagi dimasak. Bila rasanya kurang pas menurut Anda, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu penyedap seperti garam atau kaldu jamur. Anda juga bisa menambahkan cabe bubuk bila ingin nasi memiliki rasa pedas secara keseluruhan.
  6. Masak nasi sampai matang dan berbau harum. Bau harumnya ini berasal dari daun jeruk dan daun salam yang Anda masukkan sebelumnya.
  7. Jika sudah matang, sajikan nasi kuning bersama dengan beberapa lauk tambahan seperti perkedel, ayam goreng, telur dadar dan mie.

Sangat simple bukan? Memasak nasi kuning bukanlah hal yang rumit, hanya ada sedikit langkah tambahan. Sisanya, sama saja seperti memasak nasi pada umumnya. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat warna kuningnya menjadi berkilauan. Warna kuning diperoleh dari air rebusan kunyit segar. Kita bisa menambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam air rebusan ini agar nasi tampak lebih berkilau.

Setelah nasi direbus dan dimasak, ditambahkan air jeruk nipis atau jeruk nipis. Nasi juga bisa ditambahkan saat baru dimasak dan dikeluarkan. Jangan menggunakan terlalu banyak jeruk nipis atau jus lemon, agar tidak mempengaruhi rasa.

By sartika