permainan catur

Permainan catur merupakan permainan sekaligus sebuah olahraga. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan permainan catur juga memiliki manfaat untuk mengasah otak. Tidak hanya di negara Indonesia saja, ternyata permainan catur sudah terkenal di berbagai negara sejak lama. Di berbagai negara, catur terkenal dengan nama yang berbeda-beda pula.

Catur sendiri merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang sebagai lawan main. Hal-hal yang diperlukan adalah sebuah papan catur dengan bidak atau buah catur. Pada zaman dahulu, permainan catur hanya dimainkan menggunakan sebuah batu dan garis saja. Tidak memakai papan catur dan bidak.

Sejarah Permainan Catur

Permainan catur merupakan permainan legendaris. Maka dari itu, pasti ada sejarah di balik permainannya. Sebenarnya, catur memiliki berbagai pendapat sejarah yang menyebar di kalangan masyarakat. Ada yang mengatakan permainan catur ini berasal dari negara India.

Di negara tersebut mereka menganggap catur sebagai implementasi 4 unsur. Jadi mereka mengatakan bahwa catur memiliki 4 jenis yang merupakan perwujudan dari 4 unsur dalam kehidupan. Adapun 4 unsur tersebut adalah air, udara, api, dan angin. Namun, pendapat tersebut dibantah oleh beberapa peneliti karena tidak ada bukti kuat yang mendukung.

Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa permainan catur dibawa oleh penyebar agama Islam ke beberapa daerah. Lain halnya dengan di Indonesia, permainan catur diperkenalkan oleh bangsa Belanda bertepatan dengan penjajahannya di negara ini.

Aturan Permainan Catur

Mungkin bagi beberapa orang ketika pertama kali bermain catur akan sedikit bingung tentang bagaimana cara memainkannya. Sebenarnya cukup mudah apabila seorang pemain sudah familiar dengan alat-alat atau tools yang ada dalam permainan catur.

Adapun tools yang ada pada permainan catur antara lain, papan catur yang terdiri dari sebuah baris, kolom atau petak. Sedangkan alat lainnya berupa sebuah bidak yang berperan dalam jalannya permainan.

Cara memainkannya adalah menggunakan istilah perang perebutan wilayah. Yang dimaksud disini adalah pemain harus menguasai wilayah-wilayah lawan agar dapat membunuh raja catur. Seiring berjalannya waktu, kolom catur akan satu persatu kosong.