Peraturan Pertandingan Pencak Silat

sport

Peraturan Pertandingan Pencak Silat

Peraturan Pertandingan Pencak Silat

Dalam hal permainan khususnya Pencak Silat, kita perlu mengetahui peraturan dan tata tertib dalam pertandingan tersebut. Tujuannya agar permainan berjalan dengan lancar untuk menghindari pertengkaran atau perselisihan.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang peraturan pertandingan pencak silat. Lantas, aturan seperti apa yang digunakan dalam pertandingan pencak silat? mari kita cari tahu bersama.

 

Kondisi Persaingan

Ini adalah pertandingan pencak silat, diikuti oleh 2 kontestan yang saling berhadapan untuk bertarung.
Pertandingan Pencak Silat dibagi menjadi 3 ronde, dengan masing-masing ronde waktu 2 menit dan jeda antar ronde 1 menit.
Pertandingan pencak silat dipimpin oleh 1 orang wasit dan 5 orang juri.

 

Syarat Menang

  • Jika pertandingan selesai dalam 3 ronde dan juri memenangkan salah satu petarung dengan poin lebih banyak, pertandingan dimenangkan dengan mendapatkan poin.
  • Jika seorang pesilat tidak dapat melanjutkan pertandingan karena menyatakan tidak dapat melanjutkan, atau kondisi atlet tidak memungkinkan untuk bertanding, maka kemenangan diberikan kepada lawan berdasarkan teknik kemenangan.
  • Jika lawan jatuh karena serangan yang sah dan tidak dapat bertanding lagi dalam waktu 10 detik, pemenang diberikan berdasarkan kemenangan mutlak.
  • Jika lawan menerima peringatan kedua hingga ketiga, kemenangan diberikan berdasarkan diskualifikasi kemenangan

 

Peraturan Hukum Untuk Pesilat

Jika seorang pejuang melakukan pelanggaran ringan, peringatan dikeluarkan. Dalam hal ini, wasit biasanya akan memberhentikan petarung itu sendiri.
Diskualifikasi diucapkan oleh wasit ketika pesilat menerima peringatan ketiga. Seperti melakukan pelanggaran berat yang melukai lawan.

 

Kondisi Evaluasi

  • Nilai 1 diberikan kepada petarung saat terkena pukulan.
  • Nilai 2 jika tendangan mengenai sasaran.
  • Nilai 3 jika petarung bisa merobohkan lawan.
  • Dapatkan 4 poin jika petarung berhasil mengunci dan membuka kunci lawan.

Catatan: Dalam peraturan pencak silat, tidak semua anggota tubuh kita bisa diserang. Bagian tubuh yang tidak dapat diserang adalah leher, pinggang, dan alat kelamin. Sedangkan sisanya bisa diserang dari sana. Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com