Belakangan ini cuaca sering tak menentu dan sulit di prediksi. Pagi hari hujan namun siang hari bisa mendadak panas terik dan tentu untuk anda yang sedang berkendara mobil sangat membutuhkan AC mobil yang membuat nyaman. Namun apa jadinya bila AC mobil tidak dingin secara mendadak? Tentu hal ini sangat menggangu sekali.
Masalah seperti ini kerap kali membuat pengguna mobil panik dan buru-buru ke tukang service AC mobil. Jika bijak, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin. Berikut penjelasannya agar anda memahami.
1. Fanbelt Atau Drivebelt Putus
Fanbelt adalah sebuah alat yang cukup punya peranan penting pada AC mobil. Jika fanbelt putus maka kabin menjadi panas karena kompresor tidak bisa berputar. Mengapa kabin panas? Karena freon juga tidak mampu bersikulasi seperti biasa.
2. Freon Habis
Freon yang habis adalah salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yang umumnya terjadi. Freon sebenarnya tidak akan habis jika tidak terjadi kebocoran pada pipa sambungan sil o ring yang mungkin sudah cukup tua. Atau bisa juga karena bagian saft dan relief velve terjadi kerusakan.
3. Kondensor Kotor
Kondensor harus selalu dijaga agar tidak kotor dan banyak debu menumpuk. Kondensor yang kotor akan memunculkan karat dan membuat fungsinya tidak maksimal.
Hal ini membuat gas dengan panas yang tinggi dilepaskan oleh komprehensif. Proses kondensasi yang tidak maksimal karena kondensor kotor membuat AC jadi kurang dingin dan ruangan kabin jadi kurang nyaman.
4. Motor Extrafan Lemah
Motor extrafan juga harus dicek saat AC mobil dingin. Jika sedang menyalakan AC mobil, cek apakah extrafan ikut berputar atau diam saja. Saat extrafan rusak biasanya kondensor tidak bisa bekerja dengan baik sehingga hawa panas keluar di dalam kabin karena terjadi penurunan suhu.
Pada beberapa kasus, extrafan masih berputar namun kadang-kadang berhenti mendadak maka ini cukup serius karena tandanya extrafan sudah lemah dan harus diganti dengan yang baru.
5. Tekanan Sistem AC Mobil Yang Berlebih
Oli kompresor yang melebihi takaran bisa membuat tekanan freon jadi berlebihan sehingga kompresor jadi mudah panas  lalu kompresor jadi kesusahan saat melakukan kondensasi.
Hal ini membuat kerja banyak komponen terlalu berlebihan dan cukup membahayakan. AC mobil bukan hanya tak dingin tapi juga bisa saja mati total.
6. Evaporator Tersumbat
Saat banyak debu dan kotoran lainnya menempel pada evaporator maka juga menempel pada hisapan blower. Kotoran yang menempel ini membuat aliran udara yg dihembuskan oleh blower jadi tersumbat. Sistem sirkulasi AC jadi kurang lancar dan AC mobil tidak dingin lagi. Evaporator tersumbat bisa juga disebabkan oleh filter  AC mobil yang jarang sekali dibersihkan. Hal ini membuat AC mobil jadi terasa kurang dingin.
7. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat
 Pada beberapa kasus yang air kondensasi tersumbat menyebabkan AC mobil jadi kurang dingin. Ciri-cirinya cukup mudah ditemukan yaitu tetesan air yang menetes dibawah dashboard. Atau juga bisa di atas dasboard dan membuatnya jadi berembun saat dinyalakan. Tetesan ini terjadi karena banyak air yang memenuhi box evaporator sehingga aliran air yang dihembuskan blower jadi tersumbat
Jadi penyebab AC mobil tidak dingin itu ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan utamanya. Sebagai pengguna mobil yang baik anda harus mengecek selalu keadaan mobil dari semua komponennya.
Jika terjadi masalah pada mobil atau AC mobil sebaiknya cek terlebih dahulu, kemudian setelah mengetahui masalahnya anda bisa langsung bawa AC mobil ke service AC mobil langganan.