Pengertian Sound System

Uncategorized

Sound system menurut Gary Davis & Ralph Jones adalah susunan komponen elektronik yang dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kekuatan suara, agar suara dapat didengar dengan jelas oleh banyak orang pada pertunjukan musik, seminar, dll.

Menurut Sriwaluyanti,dkk Sound System adalah teknik pengaturan peralatan suara atau bunyi pada suatu acara pertunjukan musik, konser, pertemuan seminar, masjid, gereja,dll.

Tata suara/sound system memainkan peranan penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dari tata panggung dan bahkan dari acara pertunjukan itu sendiri. Tata suara erat kaitannya dengan pengaturan penguatan suara agar bisa terdengar keras tanpa mengabaikan kualitas suara-suara yang dikuatkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sound system adalah suatu susunan komponen elektronik yang dirancang sebagai teknik pengatur suara agar mendapat penguatan suara yang dapat didengar oleh banyak orang pada suatu acara atau pertemuan. Seseorang yang mengoperasikan Sound system ruangan rapat Wireless disebut sebagai soundman atau sound engineer.