Pengertian dan Sejarah Agama

general

Pengertian dan Sejarah Agama

Pengertian dan Sejarah Agama

Pengertian Agama

Agama dalam arti kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah suatu sistem yang mengatur tentang iman dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta aturan-aturan atau peraturan-peraturan yang berhubungan dengan interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan Penciptanya, dan manusia dengan sesamanya. lingkungan. Kata ‘agama’ adalah bahasa Sansekerta yang berarti ‘tradisi’. Kata lain yang mengungkapkan konsep ini adalah agama, yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja rel-ligare, yang berarti “mengikat”. Artinya melalui agama seseorang terikat kepada Tuhan.

Agama adalah aturan terorganisir yang terdiri dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan orang dengan tatanan kehidupan. Agama yang berbeda memiliki catatan, simbol dan kesucian yang digunakan untuk menjelaskan makna kehidupan itu sendiri dan untuk menjelaskan asal usul kehidupan, orang-orang di masa lalu atau penciptaan alam semesta. Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, setiap orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama, atau gaya hidup yang disukai. Diperkirakan ada sekitar 4.200 agama di seluruh dunia. Namun hanya ada 6 agama yang dikenal di Indonesia, yaitu: Islam, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Misalnya, untuk memahami matematika dan fisika, memahami agama juga merupakan pelajaran yang tidak kalah pentingnya dengan contoh pembelajaran lainnya dari memahami pelajaran di atas. Hal ini karena telah terbukti bahwa banyak agama memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku, pendeta, menggambarkan tentang apa ketaatan atau keanggotaan, tempat-tempat suci serta Kitab Suci. Praktik keagamaan juga dapat mencakup ritual, khotbah, penyembahan dewa, dewa atau dewi, pengorbanan, pesta, pesta, trans, inisiasi, pemakaman, layanan pernikahan, meditasi, doa, musik, seni, tari, layanan masyarakat, atau aspek lain dari manusia. budaya. . Agama juga mengandung mitologi. Untuk lebih lengkapnya, mari kita baca asal-usul agama.

 

Sejarah Agama

Asal usul suatu agama (Kristen, Yudaisme, dan Islam) memiliki sejarah atau asal usul yang sama, yaitu asal usul bangsa Semit. “Orang Semit datang dari Jazirah Arab”. Kata Arab pertama kali digunakan pada abad ke-9 SM. ditemukan. Muncul. Orang-orang Arab tidak semuanya terdiri dari Muslim; ada juga kristen dan yahudi. Beberapa buktinya adalah adanya peradaban Nabatean yang didirikan oleh orang-orang Arab Kristen.

Kristen, Yahudi dan Islam memiliki latar belakang yang sama, yang dapat dibuktikan dari keberadaan kitab agama Islam, kitab agama Kristen (Perjanjian Lama), yang ditulis dalam rumpun yang sama, yaitu dari bahasa Semit. Salah satu isi Perjanjian Lama adalah kata “Tuhan”, yang memiliki arti yang sama dengan kata “Allah” yang dimaksud oleh umat Islam (kata “Allah” berarti Tuhan).

Orang Indo-Eropa percaya bahwa ada banyak dewa pada waktu itu. Orang Semit juga memadukan ciri-ciri bangsa Semit dengan kepercayaan pada satu tuhan (tauhid). Islam, Yudaisme, dan Kristen memiliki ide dasar yang sama tentang kepercayaan pada satu Tuhan (monoteisme). Orang Semit memiliki pandangan sejarah yang linier, seperti garis lurus, dengan garis yang melambangkan penciptaan dunia sebagai awal kehidupan dan akhir sebagai akhir kehidupan.

Kota Yerusalem saat ini adalah kota yang dianggap penting bagi ketiga agama tersebut. Ini juga merupakan bukti bahwa ketiga agama itu memiliki asal usul yang sama. Di kota Yerusalem terdapat berbagai sinagog (Yahudi), Greja (Kristen) dan juga masjid (Islam) yang terkemuka atau terkenal. Oleh karena itu, sangat disayangkan bahwa kota Yerusalem menjadi sumber konflik di mana setiap orang saling membunuh dan berjuang untuk kota bersejarah ini. Untuk lebih lengkapnya, mari kita menurut para ahli membaca pengertian agama.

 

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

  • Prof. dr. M. Drikarya.
    Agama adalah kepercayaan karena adanya kekuatan gaib yang mengatur dan menciptakan alam dan segala isinya.
  • Emile Durkheim.
    Agama adalah suatu sistem kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal-hal suci yang juga mempersatukan semua pemeluknya dalam suatu komunitas moral yang sering disebut ummah.
  • H.Moenawar Chalil.
    Agama adalah keterlibatan perilaku manusia dalam menghadapi kekuatan supernatural sebagai akibat dari pengakuannya.
  • Jappy Pellokild.
    Agama percaya pada keberadaan tuhan dan hukum-hukumnya.

Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarIlmu.Com