Manfaat Susu ASI Eksklusif Untuk Bayi, Dapat Menyehatkan Si Kecil

Parenting

Bagi para ibu, memberikan susu ASI eksklusif memang menjadi salah satu hal yang sangat mengesankan bukan? Karena dengan begini secara tidak langsung akan membuat hubungan si kecil dan bunda akan lebih erat. Tidak sedikit dari para orangtua yang akan memberikan ASI selama 6 bulan karena adanya kesadaran sendiri hingga alasan yang lainnya.

Walaupun demikian, tidak sedikit dari para orangtua yang juga tidak mengetahui pasti apa manfaat memberikan ASI terhadap kesehatan si kecil. Agar tidak bingung lagi, berikut ini beberapa daftar manfaat menyusui si kecil yang wajib untuk diketahui oleh para moms.

Manfaat memberikan susu ASI untuk si kecil

  1. Dapat membantu melindungi bayi dari kuman dan bakteri

Ketika bayi sudah lahir, maka saluran cerna memang mulai dihuni oleh bakteri maupun kuman. Untuk melindungi bayi dari bakteri maupun kuman tersebut, memberikan susu ASI dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Hal tersebut tidak lain karena ASI memiliki kandungan berupa protein yang penting untuk si kecil. Protein itulah yang berfungsi untuk melindungi bayi dari adanya infeksi kuman sehingga dapat menghindari bayi terkena berbagai macam masalah dan penyakit.

  1. Merupakan sumber nutrisi yang lengkap

Manfaat susu ASI berikutnya adalah memberikan sumber nutrisi yang lengkap untuk kebutuhan si kecil hingga usianya 6 bulan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena didalam ASI terdapat kandungan penting seperti air, protein, vitamin, mineral, karbohidrat, enzim, sel-sel darah putih hingga asam amino.

Tidak hanya itu saja, ASI sendiri tidak membutuhkan jenis makanan tertentu sehingga dapat mencegah adanya anak terkena obesitas, penyakit asma hingga gangguan kardiovaskular ketika mereka sudah lahir.

  1. Dapat membantu bayi tumbuh cerdas

Didalam ASI sendiri ternyata mempunyai kandungan berupa asam lemak yang sangat penting manfaatnya yakni dapat membantu perkembangan otak. Tidak hanya itu saja, ASI sendiri juga dapat membantu perkembangan sensorik maupun kognitif pada si kecil. Inilah pentingnya memberikan susu ASI di 6 bulan pertama.

  1. Mencegah adanya diare hingga malnutrisi

Manfaat lainnya dari susu ASI adalah dapat mencegah adanya diare hingga malnutrisi. Seperti yang sudah kita ketahui, bayi memang lebih rentan untuk terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih renda. Dengan memberikan susu ASI eksklusif itulah maka akan membuat si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare.

  1. Memperkuat ikatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya apabila susu ASI memang dapat meningkatkan hubungan anak dan ibu. Inilah mengapa biasanya ibu menyusui akan lebih peka pada isyarat bayi tertentu. Kedekatan ibu dan anak itulah yang akan memberikan banyak manfaat ketika mereka sudah dewasa.

Memberikan susu ASI eksklusif memang menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh setiap ibu. Tidak hanya dapat menyehatkan tubuh mereka, pemberian ASI ternyata dapat membuat ikatan hubungan anak ibu semakin dekat.