Semua bisnis, besar atau kecil, membutuhkan pelanggan, dan ini karena mereka bergantung pada kebiasaan mereka.Jika kebiasaan ini hilang, tidak akan lama sampai sebuah bisnis gulung tikar.

Berdasarkan hal ini, jelas terlihat betapa pentingnya layanan pelanggan yang baik, dan tidak peduli jenis layanan apa yang ditawarkan kepada orang lain, ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan dengan benar. Ini bukan berarti bahwa kesalahan tidak mungkin terjadi. dibuat; artinya adalah bahwa mereka tidak bisa menjadi kejadian biasa.

Tindakan perbaikan

Akan ada saat dimana kesalahan bisa saja diperbaiki dan kemudian ada saat dimana hal ini tidak terjadi. Itu semua bisa tergantung pada apakah seseorang dapat berbagi pengalamannya dengan beberapa orang yang berempati dengan apa yang telah diambil. menempatkan atau jika mereka akhirnya menjaga diri mereka sendiri.

Jika mereka menceritakan apa yang telah terjadi dengan seseorang yang mewakili bisnis tempat mereka menerima layanan dan mereka ditanggapi dengan cara yang benar, itu mungkin cukup untuk menghentikan mereka mengembangkan asosiasi negatif dan bagi mereka untuk terus menggunakan layanan mereka. jika mereka tidak dapat melakukan ini, mungkin ini terakhir kali mereka menggunakan layanan mereka.

Internet

Mungkin tidak akurat untuk mengatakan bahwa seseorang akan menyimpan pengalaman mereka untuk diri mereka sendiri; karena ada kemungkinan besar mereka akan memberi tahu orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa ketika seseorang memiliki pengalaman yang baik, mereka biasanya menyimpannya untuk diri mereka sendiri, tetapi ketika mereka memiliki pengalaman buruk yang lebih mungkin mereka ceritakan kepada orang lain.

Di masa lalu, ini termasuk keluarga, teman, dan orang yang bekerja dengan mereka, tetapi di dunia saat ini, mereka dapat berbagi pengalaman dengan seluruh dunia dengan menggunakan internet. Hasilnya, ada yang lebih besar bisnis perlu memperhatikan bagaimana mereka memperlakukan orang.

Word Of Mouth

Hal ini menunjukkan seberapa besar pengaruh pengalaman seseorang terhadap orang-orang di sekitar mereka dalam hal di mana mereka harus membelanjakan uangnya. Inilah sebabnya pemasaran dari mulut ke mulut sering dilihat sebagai bentuk pemasaran terbaik yang pernah ada.

Namun, jika seseorang memiliki pengalaman buruk dan mereka membagikannya dengan orang-orang di sekitar mereka, jenis pemasaran ini hanya akan berdampak negatif pada bisnis. Daripada terjadi peningkatan jumlah orang yang ingin menggunakan layanan mereka, akan ada peningkatan jumlah orang yang tidak ingin menggunakan layanan mereka.

Pengalaman yang Berbeda

Ada negara tertentu yang diketahui memiliki layanan pelanggan yang baik dan kemudian ada negara lain yang diketahui memiliki layanan yang tidak begitu baik. Dan begitu seseorang pernah ke negara yang menawarkan layanan yang baik, mereka cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik. layanan yang baik dan yang tidak.

Sedangkan jika mereka tidak pernah berada di suatu tempat yang pelayanannya baik, mereka mungkin berpikir bahwa jenis pelayanan yang mereka dapatkan itu normal. Ini tidak berarti bahwa jenis pelayanan yang mereka alami tidak mengganggu mereka, tetapi hal itu mungkin tidak menonjol.

Pariwisata

Ketika sebuah negara bergantung pada pariwisata untuk bertahan hidup, mereka dapat memiliki tingkat layanan pelanggan yang lebih tinggi, yang kemudian menjadi sesuatu yang mereka butuhkan untuk mendapatkan yang benar dan bukan sesuatu yang dapat mereka abaikan begitu saja tanpa menimbulkan konsekuensi serius terhadap mata pencaharian mereka sendiri.

Sejak usia dini, mereka akan mempelajari betapa pentingnya layanan pelanggan, dan ini akan terjadi secara langsung dan tidak langsung.Dan bahkan jika mereka tidak secara sadar belajar bagaimana memperlakukan pelanggan, mereka akan belajar secara tidak sadar dengan mengamati orang lain.

Budaya

Ini bukan satu-satunya hal yang dapat menentukan apakah suatu negara memiliki layanan pelanggan yang baik; ini juga dapat bergantung pada apa yang dihargai suatu negara. Ketika suatu negara menghargai layanan pelanggan yang baik, akan ada tekanan yang lebih besar pada orang-orang di dalam negara tersebut untuk memberikan layanan yang sama.

Jika tekanan ini tidak ada dan mereka dikelilingi oleh orang-orang yang menunjukkan layanan pelanggan yang buruk, kemungkinan kecil mereka akan mengembangkannya. Sebagai akibat dibesarkan dalam lingkungan seperti ini, adalah normal bagi mereka untuk meniru perilaku orang di sekitar mereka.

Pelayanan pelanggan

Jenis layanan yang perlu disediakan oleh bisnis agar dapat digolongkan sebagai baik semuanya dapat bergantung pada jenis layanan yang mereka tawarkan. Karena itu, akan ada hal-hal tertentu yang perlu ada apa pun jenis layanan apa yang disediakan.

Pertama, penting bagi seseorang untuk hadir, dan ini akan memungkinkan mereka untuk mengenali pelanggan, melalui ini mereka akan dapat melakukan kontak mata dan menyapa orang yang ada di depannya.

Hanya awal

Setelah hal ini terjadi, maka akan memungkinkan bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, setelah merespon dengan cara ini, mereka mungkin menemukan bahwa mereka telah memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Jika tidak, interaksi akan dimulai dengan cara yang benar, dan ini akan memungkinkan mereka melakukan tindakan berikutnya

Jika langkah-langkah pertama ini tidak diambil, mereka tidak akan memenuhi kebutuhan pelanggan untuk diakui, dan ini bisa berarti interaksi akan berakhir atau mungkin terakhir kali mereka melihat pelanggan ini.

Penulis produktif, pemimpin pemikiran dan pelatih, Oliver JR Cooper berasal dari Inggris. Komentar dan analisisnya yang mendalam mencakup semua aspek transformasi manusia; cinta, kemitraan, cinta diri, dan kesadaran batin. Dengan lebih dari tujuh ratus artikel mendalam yang menyoroti Psikologi dan perilaku manusia, Oliver menawarkan harapan bersama dengan nasihatnya yang masuk akal. Proyek saat ini termasuk “Dialog Dengan Hati” dan “Komunikasi Menjadi Mudah.”

 

Sumber: Jasanesia