Jenis Pengelasan dan Batang Pengelasan

Uncategorized

 

Pengelasan adalah proses memanaskan dua buah logam sehingga menyatu dan membentuk sambungan yang kokoh. Untuk melakukan ini, seseorang membutuhkan keterampilan dan teknologi tingkat tinggi. Ada berbagai cara pengelasan; beberapa membutuhkan mesin dan teknologi canggih, termasuk laser, balok, dll. Tukang las bekerja dengan logam, paduan, dan material.

Oxy-Acetylene Welding adalah proses pengelasan yang membutuhkan penggunaan obor las khusus untuk mencampurkan gas oksigen dan asetilen dan menghasilkan nyala api kecil hingga 6.300 derajat. Proses ini banyak digunakan untuk pembuatan gerbang dan pagar besi tempa. Jenis pengikatan ini biasanya digunakan dalam industri yang bekerja dengan pipa tembaga, termasuk pelat aus kuningan dan batang kuningan.

Pemotongan Gas Menggunakan Oxy-Acetylene

Sebagian besar obor gas memiliki katup gaya tuas yang memfasilitasi semburan oksigen ekstra melalui obor pemotongan ke tukang las Jogja pekerjaan yang telah dipanaskan hingga titik leleh. Tembakan oksigen ini membakar logam induk dengan kekuatan dan kecepatan tinggi, sehingga menghasilkan potongan sempit kecil pada logam. Dengan cara ini, tukang las dapat memotong dengan mudah, baik secara manual maupun dengan mesin. Pemotongan gas manual dapat memotong logam 1/16 inci dan hingga dua inci, sedangkan pemotongan profil dapat memotong baja hingga ketebalan empat inci.

pengelasan TIG

Pengelasan tungsen atau pengelasan TIG menggunakan elektroda tungsten yang tidak dapat dikonsumsi untuk membuat lasan. Area las dilindungi oleh gas pelindung inert dan logam pengisi biasanya digunakan. Jenis pengelasan ini biasanya digunakan untuk bagian tipis baja tahan karat dan logam seperti aluminium, tembaga, dan magnesium.

Pengelasan busur plasma

Dalam pengelasan busur plasma, busur listrik terbentuk antara elektroda dan benda kerja. Prosesnya mirip dengan pengelasan TIG.

Pengelasan sinar laser

Pengelasan Sinar Laser adalah teknik penyatuan di mana beberapa potongan logam digabungkan melalui penggunaan laser. Jenis pengelasan ini sering digunakan pada aplikasi volume tinggi, seperti pada industri otomotif.

Batang las

Batang las yang berkualitas baik harus dibeli, agar hasil pengelasan lebih baik. Batang las digunakan untuk menempatkan logam tambahan pada lasan. Oleh karena itu, perlu disesuaikan dengan logam induknya. Kawat las dan batang oxy-acetylene sebagian besar terbuat dari baja Norwegia. Memilih batang las yang tepat adalah penting karena membantu menentukan keberhasilan las dan kekuatan sambungan. Jika Anda memilih batang yang salah, itu dapat menghasilkan campuran yang terlalu keras atau rapuh.