Ini Dia Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone Serta Kelebihannya

teknologi

Dalam kemajuan teknologi sekarang ini ada banyak aksesoris yang bisa Anda pakai untuk mendengarkan musim atau suara dari smartphone. Aksesoris tersebut yaitu headset, headphone dan earphone. Ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media audio out atau media untuk menghasilkan suara sehingga bisa didengar tanpa keluar dari speakers smartphone. Dengan begitu Anda bisa mendengar smartphone dengan lebih privasi. Dari ketiga alat tersebut tahukah Anda perbedaan dan kelebihannya dibandingkan dengan yang lain? Jika belum berikut ini adalah perbedaan headset, headphone dan earphone yang perlu Anda ketahui beserta kelebihannya:

1. Headphone.

Headphone memiliki bentuk yang besar dengan karakteristik speaker bulat menutup kedua telinga. Kedua speaker dihubungkan dengan penyangga yang bisa dipakai di atas kepala atau di belakang leher. Umumnya memiliki bantalan untuk telinga agar lebih nyaman dan agar suara tidak bocor keluar.

Kelebihan menggunakan headphone adalah suara yang dihasilkan lebih jernih. Selain itu karena bentuknya yang lebih menutup telinga, headphone memungkinkan Anda untuk hanya bisa mendengar apa yang ada di smartphone saja tanpa terganggu oleh lingkungan luar.

2. Earphone.

Earphone memiliki bentuk yang lebih kecil berupa speaker kecil untuk kedua telinga dan tali atau kabel sebagai penghubung. Speaker mini dimasukkan ke dalam daun telinga agar suara lebih jelas tertangkap. Beberapa speaker sudah didesain menyerupai lubang daun telinga sehingga lebih nyaman. Ada juga yang melengkapi speaker dengan busa peredam.

Kelebihan menggunakan earphone adalah bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan harganya lebih terjangkau.

3. Headset.

Seperti namanya alat ini merupakan media untuk suara dengan bentuk yang besar mirip dengan headphone namun dilengkapi dengan microphone. Headset bukan hanya bisa dipakai untuk mendengarkan music namun juga untuk melakukan pembicaraan atau berkomunikasi. Headset juga bisa untuk merekam suara melalui microphone.

Itulah perbedaan headset, headphone dan earphone yang harus Anda ketahui sebagai penggunaannya. Media apa yang selama ini Anda gunakan? Dan apakah ingin mencoba memakai media lainnya? Anda bisa membeli semuanya di pasaran dengan mudah dengan berbagai merek dan kualitas.