kirim barang dari Singapore ke Indonesia 2

Ketika Anda ingin mengirim paket tentunya membutuhkan sistem jasa pengiriman barang import. Nah, ada beberapa faktor penting yang cukup mempengaruhi kirim barang dari Singapore ke Indonesia dengan layanan mudah, cepat, dan harga terjangkau.

Beberapa Poin Penting dalam Memilih Jasa Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cara kerja jasa pengiriman barang-barang impor ke Indonesia.

  1. Carilah Penyedia yang Khusus Melayani Pengiriman dari Luar Negeri

Hal yang perlu dicatat bahwa tidak semua ekspedisi menyediakan jasa pengiriman barang dari luar negeri ke alamat Indonesia. Sehingga penting untuk Anda mencari terlebih dahulu ekspedisi mana yang bisa melakukan pengiriman ke mancanegara.

kirim barang dari Singapore ke Indonesia 3

Penyedia jasa yang menyediakan layanan pengiriman ke luar negeri harus memiliki kerjasama jasa pengiriman internasional. Dengan begitu Anda bisa kirim barang dari Singapore ke Indonesia atau sebaliknya.

  1. Perhatikan Sistem Birokrasi Indonesia

Pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia mengalami beberapa kendala karena sistem birokrasi di Indonesia cukup ketat dalam memproses bea cukai dan impor produk ke tanah air. Beberapa konsumen mulai mengeluh tentang betapa sulitnya membeli produk luar negeri.

Padahal produk tersebut bisa saja bukan untuk diperjualbelikan melainkan dikonsumsi personal, namun meski volumenya kecil banyak syarat yang diperlukan agar bisa mengimpor barang dari luar negeri.

  1. Tarif Pajak Sebuah Barang

Faktor penting lainnya adalah mengenai tarif pajaknya begitu tingginya hanya untuk sebuah barang dengan jumlah kecil yang akan dikirim dari Singapore ke Indonesia. Meski pemerintah telah memberi keringanan mencapai 3 USD, namun tetap bayar pajak masih tergolong mahal.

Agar dapat meningkatkan industri perdagangan, pemerintah perlu menyesuaikan tarif pajak yang berpengaruh terhadap kemudahan dalam importasi barang ke tanah air. Dirjen keuangan sendiri terus berupaya menghilangkan produk mewah dan memprioritaskan barang kebutuhan sehari-hari.

  1. Pastikan Jasa Pengiriman Memiliki Kerja Sama yang Kuat Dengan Industri

Untuk memberikan pelayanan prima, penyedia jasa pengiriman harus terus berupaya meningkatkan kerjasamanya dalam industri pengiriman barang demi memenuhi keinginan konsumen yang bervariasi. Mengingat konsumen dengan gampang bisa membandingkan setiap penawaran di pasaran.

Setiap jasa pengiriman barang tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan, untuk itu perlu perkuat kerja sama di industri pengiriman barang supaya bisa saling support dan mengopang pihak satu dengan lainnya. Jadi bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

  1. Ketahui Tarifnya

Pastikan Anda sudah memahami ongkos kirim ke negara tujuan. Pilihlah ekspedisi yang tersedia, lalu cek harga dengan menginput negara asal dan tujuannya. Perlu diketahui bahwa untuk pengurusan bea cukai biasanya diurus oleh pihak layanan jasa. Akan tetapi nantinya dibayar secara terpisah.

Jadi dikenakan biaya pengurusan bea cukai dan membayar ongkos kirim dari luar negeri. selain itu juga dibebankan tambahan tarif administrasi beserta ongkir dari jasa ekspedisi lokal dan membayar biaya pajak masuk.

  1. Pastikan Terdapat Jaminan Asuransi dari Jasa Pengiriman

Sebelum memilih jasa pengiriman ada baiknya memberikan jaminan untuk barang-barang yang ingin dikirim ke Indonesia. Akan lebih baik lagi jika layanannya menyediakan asuransi sendiri. Terlebih jika produk yang akan dikirimkan sensitif dan rentan terjadi kerusakan diakibatkan benturan.

Oleh sebab itu, sebelum mengirim pastikan kepada jasa pengiriman tersebut menyediakan jaminan agar barang terjamin aman dan tidak rusak saat sampai ke tujuan.

Itulah beberapa hal tentang kirim barang Singapore ke Indonesia. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat bagi pemirsa di rumah.