Fungsi Manajemen

teknologi|Tips trik

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen

George R. Terry merumuskan fungsi manajemen sebagai berikut:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan (planning) adalah alasan adanya tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Perencanaan berarti mempersiapkan segala kebutuhan, mempertimbangkan secara matang apa kendalanya, dan merumuskan bentuk pelaksanaan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan.

2. Mengatur (Organizing

Berorganisasi sebagai cara untuk mengumpulkan dan menempatkan orang-orang sesuai dengan kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang direncanakan.

3. Penggerakan

Pengerakan adalah menggerakkan organisasi agar berfungsi sesuai dengan pembagian kerjanya masing-masing dan menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di dalam organisasi agar pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan dapat berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan.

4. Kontrol (pengawasan)

Pengendalian adalah memantau apakah pergerakan organisasi ini sesuai dengan rencana atau tidak. Serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar dapat digunakan secara efektif dan efisien tanpa ada yang menyimpang dari rencana.

5. Pengarahaan / Pemimpin

Fungsi pengarahan atau kepemimpinan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemberian instruksi dan saran, agar bawahan dapat melaksanakan tugas-tugas yang diminta oleh manajer. Sumber Artikel : https://www.seputarpengetahuan.co.id/ Kegiatannya meliputi pengambilan keputusan, komunikasi antara manajer dan bawahan sehingga timbul rasa saling pengertian, mendorong, memotivasi atau mendorong bawahan dalam melaksanakan tugasnya, menyeleksi orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bergabung dalam suatu kelompok dan meningkatkan pengetahuan. dan sikap bawahan untuk mahir dalam pekerjaan.

6. Memotivasi

Kegiatan memotivasi atau memotivasi merupakan salah satu fungsi manajemen berupa inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan dengan sukarela melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh atasan.

7. Koordinasi

Koordinasi atau koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan kegiatan yang berbeda-beda agar tidak terjadi kegaduhan, cekcok, kegiatan yang lowong, dengan cara menghubungkan pekerjaan bawahan, menyatukan dan menyelaraskan sehingga terjadi kerjasama yang terarah dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

8. Pelaporan

Merupakan salah satu fungsi manajemen dalam bentuk menyampaikan kemajuan atau hasil kegiatan atau memberikan informasi mengenai segala hal yang menyangkut tugas dan fungsinya kepada pejabat senior.

9. Prediksi (Perkiraan)

Prediksi adalah prediksi, proyeksi atau perkiraan berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum rencana yang lebih definitif dapat dijalankan.

10. Staf

Satff merupakan salah satu fungsi manajemen yang berupa penyiapan staf dalam suatu organisasi, mulai dari perekrutan pekerja, pengembangan hingga upaya agar setiap pegawai memberikan efisiensi yang maksimal bagi organisasi.

11. Anggaran (anggaran)

Penganggaran adalah fungsi yang terkait dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akuntansi. Anggaran, baik APBN maupun APBD, menunjukkan dua hal: pertama sebagai pernyataan fiskal dan kedua sebagai mekanisme.