Di zaman yang sudah sangat maju ini, banyak orang yang sudah tidak sempat lagi mengurus pekerjaan di rumah, misalnya menyuci baju. Hal itu karena sudah banyak orang yang memiliki kesibukan di luar ketimbang mengurus pekerjaan rumah. Bahkan mereka rela membayar orang untuk menyuci baju mereka, ada juga yang memanfaatkan jasa laundry.

CARA SUKSES MEMBUKA USAHA LAUNDRY KILOAN
CARA SUKSES MEMBUKA USAHA LAUNDRY KILOAN

Bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry, ini adalah kesempatan emas. Manfaatkan peluang ini dengan baik, jangan sampai Anda menyianyiakannya. Untuk memulainya, Anda harus mengetahi beberapa tips dalam memulai usaha laundry kiloan. layanan antar jemput laundry

Jika sebelumnya sudah diulas secara umum bagaimana tips sebelum memulai bisnis, kali ini akan di ulas tentang tips memulai usaha laundry kiloan.

1. Membuat harga yang tepat
Kebanyakan konsumen menilai suatu jasa itu dari harganya. Semakin murah Anda membuat harganya, maka kemungkinan besar konsumen akan banyak yang datang. Sebaliknya, semakin mahal harganya, maka konsumen juga akan berfikir ulang untuk datang ke usaha laundry Anda.

Tapi Anda jangan membuat harga terlalu murah karena akan menciptakan opini negatif dari konsumen. Selain itu jika Anda membuat harga yang terlalu murah, kemungkinan Anda akan rugi.

Jadi bagaimana membuat harga yang tepat untuk usaha laundry kiloan? Caranya adalah dengan meneliti atau mensurvei harga yang cocok di daerahmu. Anda harus berfikir apakah usahamu akan laku jika Anda membuat harga seperti itu?

3. Pelayanan prima dan memuaskan
Jika Anda hanya memikirkan tentang harga, maka Anda akan gagal. Perhatikan juga mengenai pelayanan Anda terhadap konsumen. Anda harus memperhatikan apakah konsumenmu puas dengan kinerja usaha laundry kiloan Anda? Jika tidak, maka Anda harus mengubahnya.

Jangan hanya karena pelayanan Anda buruk semua pelangganmu pada kabur. Usahakan usaha laundry kiloan Anda terbuka mulai dari pagi, agar pekerja kantoran banyak yang menjadi pelangganmu.

Selainn itu Anda harus jujur. Misalnya ada uang konsumen Anda yang tertinggal di bajunya, Anda jangan menyentuhnya. Buat apa Anda dapat uang segitu tapi Anda kehilangan pelanggan tetap Anda. Tapi jika Anda jujur, kemungkinan dia juga akan mempromosikan bisnis usaha laundry kiloan Anda kepada teman temannya.

3. Pilih lokasi yang tepat
Lokasi juga menjadi salah satu faktor utama banyaknya konsumen kita. Jika di lingkungan Anda orang orangnya tidak terlalu sibuk dan mereka lebih sering mencuci baju sendiri, maka Anda harus menghentikan niat Anda untuk membuka usaha laundry kiloan di daerah tersebut.

Carilah tempat yang dekat dengan kampus, sekolah, koskosan, dan perkantoran. Biasanya mahasiswa atau pekerja kantoran malas atau tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka. Itu adalah kesempatan emas bagi Anda. Manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari mereka.

Baca juga : 13 Ide Bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Kesalahan memilih tempat usaha laundry kiloan dapat berakibat fatal. Bisa bisa bisnis Anda cepat tutup karena tidak ada yang datang ke usaha laundry Anda.

4. Memilih karyawan yang baik dan berkualitas
Salah satu pendorong majunya suatu usaha adalah mempunyai karyawan yang baik dan berkualitas. Bukan hanya usaha laundry tapi juga semua usaha. Kesalahan memilih karyawan dapat berdampak buruk bagi kemajuan usaha Anda.

Untuk usaha laundry kiloan, carilah yang jujur, pintar menyetrika, pintar mencuci, dan yang paling penting bertanggung jawab.

Setelah Anda mendapatkan karyawan yang berkualitas, Anda juga harus menyetarakan gaji mereka dengan kemampuan mereka. Jika Anda mempunyai banyak pelanggan di usaha laundry Anda, jangan pelit untuk memberi mereka bonus, supaya bulan depan mereka lebih semangat lagi dan tidak lari dari Anda.

5. Melakukan pemasaran secara kreatif
Percuma Anda membuka usaha jika Anda tidak memasarkan usaha Anda. Anda harus bisa berfikir kreatif bagaimana supaya orang orang tahu usaha laundry Anda.

Jika tempat Anda adalah pasar yang tepat, bukan tidak mungkin sainganmu bakalan banyak. Jika pemasaranmu sama dengan yang di miliki

By gueadi