Apa Itu SEM dalam Dunia Internet Marketing?

Uncategorized

Jasa Penulisan Artikel – SEM adalah proses pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda, baik dalam lalu lintas organik, melalui SEO, dan disertai dengan iklan.

Melalui iklan, ruang dibeli dalam hasil yang diberikan mesin pencari. Alih-alih berperingkat tinggi secara organik melalui SEO, Anda diinvestasikan untuk tampil melawan hasil seperti itu.

Layanan periklanan yang paling terkenal adalah Google Ads (resminya Google Adwords). Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan Anda muncul di hasil penelusuran Google, dan hanya membayar untuk klik yang diterima iklan Anda. Inilah mengapa disebut Pay Per Click atau PPC. Bing dan Yahoo memiliki sistem yang serupa tetapi tidak sesukses dan dikenal seperti Google Ads.

Perbedaan dan kelebihan antara SEO dan SEM

Perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah bahwa SEO berfokus pada visibilitas yang lebih baik secara alami di hasil pencarian, sedangkan SEM didasarkan pada pembayaran untuk iklan (iklan) di halaman hasil. Anda tidak dapat benar-benar mengatakan bahwa yang satu lebih baik dari yang lain, karena cara Anda menggunakannya akan bergantung pada tujuan yang Anda pikirkan.

SEM dapat berguna untuk mencapai tujuan jangka pendek, karena begitu Anda menghentikan kampanye berbayar, lalu lintas menghilang. Namun, penting untuk diingat bahwa orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi atas suatu masalah, jawaban atas pertanyaan, atau belajar bagaimana melakukan sesuatu.

Jadi, ketika pengguna mengeklik untuk mengunjungi situs dari hasil penelusuran atau mengeklik iklan, mereka cenderung berkonversi – yaitu, untuk memperoleh solusi yang mereka cari dan yang diberikan seseorang.

SEO umumnya merupakan taktik pemasaran terbaik untuk hasil jangka panjang, meskipun hasilnya terlihat dalam jangka menengah hingga panjang. Situs web yang berperingkat tinggi dalam hasil organik untuk kata kunci mereka bisa mendapatkan lalu lintas 24/7 gratis serta pengakuan industri.

Juga, kinerja jauh lebih baik melalui SEO daripada SEM. Menurut Search Engine Watch, 94% pengguna mengklik hasil organik, dibandingkan dengan hanya 6% orang yang mengklik iklan berbayar.

Apakah SEM membantu SEO?

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa iklan membantu SEO. Kenyataannya adalah jika Anda menggunakan iklan untuk mendapatkan lalu lintas melalui kata kunci, itu tidak berdampak positif atau negatif pada upaya SEO Anda. Peringkat SEO diputuskan setelah mempertimbangkan ratusan faktor, tetapi kampanye iklan bukan salah satunya.

Kami mengundang Anda untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang konsultasi SEO dan SEM di artikel blog berikut: 16 Elemen Dasar dari Search Engine Optimization (SEO).