Kuliner khas Malang wajib kamu cicipi saat berwisata. Kawasan dengan iklim yang sejuk dan destinasi wisata populer bisa menjadi pilihan wisata yang baik. Malang merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Namun, Malang tidak hanya memiliki tempat wisata indah dengan sajian alam yang luar biasa, tetapi juga bisa mencicipi kuliner yang beragam. Keunikan Malang ini memang unik dan wajib kamu rasakan saat memilih berwisata di Paris Jawa Timur.

Sedang mencari info lowongan kerja di surabaya? Anda bisa kunjungi tautan tersebut untuk info lebih lengkapnya.

Makanan khas Malang memiliki cita rasa yang berbeda dengan daerah lain. Bakso khas Malang, Soto Malang, Rawon Malang, dan makanan lain yang punya cita rasa khas bisa Anda temukan di daerah ini.

1. Bakso Malang

Makanan khas Malang yang pertama adalah Bakso Malang. Makanan khas Malang mungkin sudah banyak ditemukan di mana-mana, namun mencicipi Bakso Malang yang asli dari Malang sendiri akan memberikan pengalaman dan rasa yang berbeda.

Bakso Malang ini berbahan dasar daging sapi asli yang disajikan dengan siomay goreng, mie kuning, siomay dan kuah hangat yang akan menambah cita rasa. Anda bisa mengunjungi Bakso Kepresidenan Malang dan Bakso Cak Man yang terkenal di Malang.

2. Soto Kambing

Anda bisa menemukan sup kambing di mana-mana, tapi sup kambing yang buruk ini berbeda. Hidangan khas Malang ini bercirikan daging yang dihaluskan atau digoreng.

Biasanya soto disajikan dengan daging sapi atau ayam, namun di Malang ada yang unik. Soto kambing ini biasanya disajikan dengan daging kambing, tauge, usus dan irisan kol. Soto domba khas Malang ini bisa kamu temukan di toko punch di utara Malang.

3. Menjes Malang

Makanan khas Malang selanjutnya adalah Menjes Malang. Bisa jadi, kata Jajes agak asing di telinga Menjes sebagai sepotong tahu yang telah mengalami proses fermentasi. Jika memperhatikan bentuk desain Malang memang terlihat seperti tempe tapi lebih lembut. Cara membuat pembungkus tepung kemudian digoreng.

4. Cwie Mie

Jika Anda suka mie ayam, hidangan malang ini cocok untuk Anda, yaitu Cwie Noodles. Makanan khas Malang ini hampir sama dengan mie ayam yang ada di Indonesia pada umumnya. Bedanya, mie yang satu ini disajikan dengan salad dan ayam yang lebih enak. Kuah yang digunakan lebih asin.

5. Sego Goreng Mawut

Sego goreng mati sebagai makanan khas Malang merupakan perpaduan antara nasi dan mie goreng namun lebih banyak nasi goreng. Nama mawut diambil dari bahasa jawa yang artinya berantakan.

Namun, bukan bentuk atau teksturnya yang tidak disukai, melainkan kenikmatan yang tak tertahankan. Rasanya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng karena bumbu yang digunakan sama. Menikmati Nasi Goreng Mawut di malam yang dingin di Malang pasti nikmat.

6. Rawon Malang

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Anda juga bisa menemukan banyak rawon sebagai makanan khas Malang. Rawon adalah semur daging sapi, namun yang membedakan adalah kaldu hitam. Warna hitam yang dihasilkan berasal dari kluwek.

7. Angsle

Angsle merupakan minuman yang rasanya hampir seperti sendok, karena kuahnya terbuat dari jahe rebus yang memberikan rasa hangat dan segar. Satu-satunya perbedaan adalah pada bahan pengisi. Selain roti, kacang-kacangan, kacang hijau, dan daun pandan, di pojok juga terdapat mayang mayang, ketan putih kukus, dan iga singkong.

Kuah angsle juga tidak terlihat sejernih kotak karena diberi santan. Menikmati minuman hangat khas Malang ini pasti cocok untuk pendinginan. Anda dapat menikmati salah satu makanan khas Malang di Angsle dan Ronde Akor atau Angsle dan Ronde Titoni yang legendaris.

8. Orem-orem

Orem-orem adalah makanan khas Malang yang terbuat dari irisan tempe, ayam dan dimasak dengan santan kental. Sajikan dengan irisan lontong yang diisi kecambah, tempe dan taburi kuah santan. Rasa saus jeruknya mirip dengan sayuran pedas dengan rasa yang pedas, dan Anda bisa menambahkan rasa kecap dan cabai manis sesuai selera Anda.

Orem-orem dulunya hanya disajikan pada perayaan-perayaan seperti pernikahan dan syukuran di kota Malang. Namun, sejak 1980-an, hidangan juga bisa dibeli di warung tradisional, juga pedagang kaki lima. Salah satu tempat makan orem yang paling terkenal adalah Pak Tik Orem yang sudah ada sejak 1967.

9. Sate Gebug

Keunikan dari makanan khas Malang ini adalah adanya sate yang dikocok sebelum dipanggang. Sate Gebug telah dibuka sejak tahun 1920-an, dan tidak pernah berpindah ataupun memiliki cabang dimana pun hingga saat ini.

Sate ini merupakan sate berukuran jumbo yang dibuat dari bahan khas daging sapi. Rasanya manis dan enak dengan tekstur yang sangat lembut.