6 Destinasi Wisata yang Eksotis di Batukliang Lombok Tengah, Satunya Butuh Perhatian

Uncategorized

Halo sobat pesona nusantaraku Bertamu ke Lombok tidak komplit rasanya bila tidak menghadiri destinasi darmawisata yang terdapat di Utara Lombok Tengah ialah Batukliang serta Batukliang Utara. Lombok Tengah sepanjang ini diketahui dengan tepi laut nya saja, semacam Tepi laut Kuta, Selong Belanak, Aan serta lainya, hendak namun dibalik darmawisata tepi laut, ada eksotisme yang tersembunyi dibalik alam yang berslogan alam Tatas, Tuhu, Trasne itu, ialah;

Air Turun Benang Kelambu serta Benang Stokel.

Dilansir dari sumber pesona nusantaraku Air turun ini terdapat di Batukliang Utara, berjarak sebagian km dari Lapangan terbang International Lombok. Destinasi darmawisata air turun ini banyak sekali peminatnya mulai dari turis mancanegara sampai turis lokal. buat hingga ke Benang Stokel, wisatawan wajib berjalan kaki dari posisi parkiran. Sebaliknya bila mau memandang benang kelambu dapat jalur kaki Melawati benang Stokel ataupun naik ojek spesial yang ada di destinasi darmawisata itu.

Telaga Biru.

Telaga Biru yang terdapat di Dusun Lantan Kecamatan Batukliang ini tidak butuh jalur kaki dikarena dapat mengenakan alat transportasi sepeda motor ke posisi itu. lumayan beri uang parkir, kita telah dapat masuk destinasi darmawisata yang di mengurus BUMDes Lantan ini.

Darmawisata Aik Bone

Salah satu hutan yang mempunyai pontensi alam yang besar merupakan hutan Aik Bone yang terdapat di kota Lombok Tengah. Persisnya 37 kilometer kearah Utara dari kota Mataram. Hutan Aik Bone( Geo Park) ialah ilustrasi darmawisata alam yang belum banyak dikenal warga bumi. Yang terletak di Dusun Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, ialah darmawisata yang tidak sering didatangi turis asing serta dalam negeri. Sementara itu, banyak sekali keelokan yang disajikan oleh keelokan dan hasil alamnya.

Bermacam kemampuan yang di punya Aik Bone Geo Park ialah keelokan pemandangan yang mendinginkan batin, Pohon- Pohon yang sedang natural serta pula menaruh beraneka ragam flora serta fauna khas tropis, hutan yang sedang natural ini yang menarik para turis. Situasi geografisnya yang normal, apalagi sudah menghasilkan keelokan area darmawisata bisa dinikmati dalam cuaca apa juga, bagus di masa gersang ataupun kala masa penghujan datang. Hutan yang sedang natural serta Sesekali terdengar kicaunya di pagi hari. Dikala atmosfer area darmawisata itu tidak riuh, turis pula dapat melihat segerombol Nanai pergi dari persembunyiannya. Mereka bergelayut di pohon- pohon, silih ambil cabang yang melompat- lompat dengan lincahnya.

Dusun Darmawisata Mas- mas

Dusun Darmawisata Abang Abang ialah dusun darmawisata yang berplatform pertanian. Dimana dusun Darmawisata Abang Abang terdiri dari 11 desa ialah Desa Selusuh, Desa Keranji, Desa Punikasih, Desa Goak Lauk, Desa Langge Lawe Lauk, Desa Senyiur, Desa Batu Lilih, Desa Antak- Antak, Desa Senurus, Desa Gelogor, serta Desa Selojan. Dusun Darmawisata Abang Abang sedang dipadati oleh areal persawahan yang ditanami antah serta beberapa besar masyarakat Dusun Darmawisata Abang Abang mempunyai peliharaan lembu di balik rumah.

Darmawisata yang ditonjolkan oleh Dusun Darmawisata Abang Abang merupakan dari bidang pertanian semacam panorama alam areal persawahan yang amat bagus yang ditambah dengan panorama alam Gunung Rinjani yang amat bagus. Tidak hanya itu di dusun darmawisata abang abang mempunyai paket darmawisata spesial buat mancanegara, dimana turis mancanegara di membujuk berkelana dusun memandang panorama alam yang terdapat, mengajak turis buat merasakan gimana metode menanam antah serta serupanya. Tidak hanya itu, turis mancanegara menggunakan sarung membordir khas lombok buat dipakai selaku wujud hidmat pada masyarakat dusun darmawisata abang abang yang kebanyakan berkeyakinan islam.  

Di Dusun Abang Abang pula mempunyai embung yang dipakai buat menampung air hujan. Embung itu dipakai buat membanjiri sawah- sawah yang terdapat di Dusun Abang Abang. Tidak hanya itu di embung itu hidup sebagian tipe ikan, alhasil masyarakat menggunakan perihal itu dengan memancing di embung itu. Tidak hanya itu telah ada spot gambar di Dusun Abang Abang dengan latar belakang kebun yang amat bagus. Tidak hanya itu, spot gambar natural ialah terletak di sekitaran embung kala petang mulai timbul.

Dusun Darmawisata Selebung

Kesempatan pariwisata di Lombok Tengah dibekuk dengan bagus Penguasa Dusun Selebung, Kecamatan Batukliang, Kabuapten Lombok Tengah.

Seolah tidak ingin takluk dengan dusun yang lain, bisik- bisik penguasa dusun nyatanya telah menyiapkan kemampuan desanya. Semenjak 3 tahun terakhir, bermacam trobosan dicoba untuk mengatur serta menggali kemampuan darmawisata di Dusun Selebung, antara lain dengan membuat spot- spot darmawisata.

Kepala Dusun Selebung, Agus Bunga Hadi, berkata, destinasi ataupun spot darmawisata dibentuk dengan cara berangsur- angsur tiap tahun.

“ dikala ini grupnya sudah mempunyai sebagian spot serta paket darmawisata penting yang berpotensi jadi donor PADes serta mendongktak perekonomian masyarakat. Antara lain paket darmawisata pemancingan, darmawisata bersepeda, darmawisata persawahan, handcraft serta darmawisata religi” tutur Agus.

Aik Bukak

Salah satu obyek darmawisata tertua yang sedang bertahan dengan situasi ala kadarnya merupakan Halaman Darmawisata Aik Bukak. Halaman Wiata yang berdiri tahun 1980 an itu sampai dikala ini sedang jadi tujuan darmawisata pengganti di area utara tidak hanya Benang Stokel, Segara Anak serta Benang Kelambu. Cuma saja sampai dikala ini belum terdapat kejelasan tindakan penguasa apakah halaman darmawisata tertua itu hendak didiamkan keadaannya semacam saat ini ataupun hendak terdapat usaha perbaikan bagus dari bagian bentuk ataupun alat serta prasarananya.

Dikenal Halaman Aik Bukak tiap minggunya sedang dijejali oleh turis spesialnya turis lokal ataupun dalam negeri sedangkan turis mancanegara amat sedikit mengenang keadaannya telah mulai menjenuhkan, miskin buatan serta kurang inovatif.

Hendak namun amat di sayangkan alat pendukung semacam kolam renang keadaannya memprihatinkan, halaman kolam suah mulai terbuka keramiknya, disamping itupula, gedung tempat turun telah tidak terawat lagi. Dikolam dasar yang di khususkan buat kanak- kanak, keadaannya juga serupa saa memasygulkan. Airnya keruh serta tiak terawat sedangkan disekitarnya nampak berlumpur serta pula banyak kotor santapan yang dibuang asal- asalan wisatawan serta alas lapak  pedagang yang mengetatkan mata.