mobil honda

Tips Perawatan Mobil

Musim panas adalah musim untuk pantai, barbekyu – dan istirahat. Meskipun musim panas berarti menyenangkan, bulan-bulan yang lebih panas dapat merusak kendaraan Anda.

Cuaca ekstrem dapat menyebabkan berlubang dan merusak ban, sedangkan sisa-sisa musim dingin merusak komponen yang membuat kendaraan Anda bekerja. Dan, dengan tambahan lalu lintas perjalanan darat, mungkin tidak mengherankan bahwa Juli dan Agustus adalah dua bulan paling fatal untuk kecelakaan lalu lintas, menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional.

Dari langkah-langkah kecil seperti membersihkan keset lantai hingga yang lebih besar yang mengharuskan Anda membuka kap, ada beberapa cara untuk membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman juga. Berikut adalah tip utama kami untuk menjaga mobil Anda tetap dingin dan beroperasi pada musim panas ini.

1) Jaga kebersihannya

Musim dingin yang panjang dan basah dapat membuat mobil Anda stres. Lakukan audit menyeluruh, luar dan dalam, cari potensi bintik karat di bagian bawah dan bodi. Karat di titik-titik ini bisa menunjukkan masalah pada saluran rem atau sumur spatbor.

“Meskipun kendaraan saat ini menampilkan sejumlah langkah untuk mencegah karat, ada baiknya untuk tetap mengetahui area masalah dan memperhatikan cara penanganan kendaraan saat Anda mengemudi,” kata manajer komunikasi Nick Cappa dari FCA’s Ram Merek truk.

Tinjau bilah penghapus, segel, dan komponen karet lainnya untuk mengetahui keausan musim dingin. Gantilah jika perlu, dan pastikan Anda membersihkan garam jalanan atau residu lain sebelum sempat menimbulkan korosi. Jangan mengabaikan bagian dalamnya juga. Mencuci keset lantai sangat penting terutama jika Anda tinggal di daerah bersalju: garam jalan yang Anda lacak dapat menimbulkan korosi pada papan lantai. Saat Anda mencuci mobil, lakukan di tempat teduh untuk mencegah noda air keras. Lapisan lilin setiap tiga bulan juga membantu melindungi cat.

2) Periksa bannya

Cuaca musim panas membuat udara di dalam ban Anda mengembang, menempatkannya pada risiko yang lebih besar untuk ledakan. Hindari ban Anda terlalu kempes atau terlalu kempes dengan memeriksa tekanan secara teratur. Sesuaikan tekanan sesuai spesifikasi yang tertera pada stiker di kusen pintu samping pengemudi.

“Banyak orang salah mengira bahwa tekanan inflasi yang benar ada di dinding samping ban, tapi itu tidak benar,” kata Jamie Bullis, teknisi utama di Firestone Complete Auto Care di Minnetonka, Minn. “Apa yang tercantum di dinding samping ban adalah inflasi maksimum tekanan.”

Tapak juga penting. Periksa tapak dengan memasukkan satu sen ke dalam alur ban dengan kepala Lincoln terbalik dan menghadap Anda. Jika Anda dapat melihat kepala Lincoln, inilah waktunya untuk ban baru. Ingatlah untuk juga memeriksa tekanan dan tapak ban serep Anda, agar Anda tidak terdampar di pinggir jalan saat semua orang sedang menuju ke pantai.

3) Cek rutin kap mesin

Menghabiskan 15 menit setiap bulan di bawah kap kendaraan Anda dapat mencegah 70 persen masalah yang menyebabkan kerusakan jalan raya, menurut Deanna Sclar, penulis Auto Repair for Dummies.

Peras selang untuk menguji apakah ada retakan dan periksa sabuk berjumbai yang dapat mengindikasikan kebocoran. Periksa baterai, karena suhu yang lebih tinggi dapat berdampak buruk.

Jangan lupa juga untuk memantau level cairan kendaraan Anda. Lima besar – oli, cairan pendingin, transmisi, power steering, dan rem – menjaga mobil Anda tetap berjalan. Tingkat cairan yang rendah dapat mengindikasikan kebocoran selang atau masalah yang lebih besar. Hati-hati terutama dengan minyak rem yang rendah. AAA menemukan bahwa 88 persen bengkel mengatakan pengemudi melewatkan perawatan minyak rem mereka.

4) Perhatikan suspensi

Musim dingin yang dingin berarti lubang, cekungan, dan gundukan datang musim panas. Itu kabar buruk untuk penangguhan Anda. “Jika lubang berlubang cukup besar untuk memakan ban, kemungkinan ada kerusakan tambahan pada suspensi,” kata Cappa. “Roda kemudi yang tidak sejajar adalah tanda pasti dari potensi kerusakan atau kebutuhan untuk penyesuaian.”

Jika anda tidak mengerti bagaimana cara cek suspensi mesin, coba cek di Honda Jogja, biasanya mekanik mereka bisa membantu anda.

Mengganti guncangan, pegas, dan sambungan yang aus akan membuat kemudi lebih waspada, menyebabkan roda bereaksi secara langsung dan dapat diprediksi sehingga Anda dapat mengontrol lebih banyak. Aturan praktisnya: jika Anda memutar roda dan mendapat sedikit respons hingga pada sudut 30 derajat, inilah waktunya untuk menyetel.

“Segera setelah komponen suspensi Anda mulai aus, rasa kemudi Anda akan menjadi tidak rapi,” kata Joe Bacal, seorang pengemudi pro Toyota.

AAA merekomendasikan untuk memeriksa guncangan dengan menekan setiap sudut mobil setelah mobil dikendarai. Anda akan tahu guncangan bekerja dengan baik jika mobil kembali ke posisi stabil setelah satu kali terpental.

Bagi teman-teman yang ingin beli mobil hond baru, bisa berkunjung ke Dealer Honda Lampung, dapatkan promo, potongan harga dan voucher menarik.