tanaman liar

Ada banyak macam tanaman liar di sekitar kita, namun tahu kah kamu bahwa tanaman liar bisa menjadi obat herbal alternatif loh.

Kebanyakan dari kita tanaman liar hanya dibasmi begitu saja, karena kehadiran tanaman liar tidak di inginkan. Selain membuat semak sekitaran rumah tanaman liar juga menjadi sarang hewan berbahaya, seperti ular, tikus dan lainya.

Akan tetapi tak selalu tanaman liar tidak berguna, walaupun penggaggu tanaman liar juga mempunyai manfaat loh. Beberapa bagian misalanya akar, daun dan buah dari tanaman liar ada yang mempunyai manfaat masing-masing.

Maka dari itu simak dibawah ini beberapa tanaman liar yang mempunyai manfaat alias bisa menjadi obat alternatif.

1. Alang-alang.

Alang-alang atau ilalang, tanaman gulma satu ini sangat mudah tumbuh terutama pada tempat-tempat terbuka. Kehadiran tanaman satu ini hanya membuat semak serta menutupi pemandangan, selain itu ilalang mempunyai daun yang cukup tajam, dan bisa membuat kulit lecet jika tersayat.

Namun bagian dari akar tanaman ilalang mumpunyai khasiat loh, bagian akar ilalang biasa direbus untuk dijadikan ramuan herbal. Diketahui mengkonsumsi air rebusan daun alang-alang dapat menurunkan panas tubuh, meredakan sakit tenggorokan dan panas dalam, melancarkan saluran kencig dan mengatasi sesak nafas.

2. Ciplukan.

Ciplukan atau kopokan, tanaman satu ini biasa diburu untuk diambil buahnya dan dimakan. Buah ciplukan memiliki ukuran kecil sekitar 1 cm berwarna kuning keemasan saat sudah matang, buahnya memiliki rasa manis asam segar yang membuatnya banyak di cari anak-anak kecil yang suka berpetualang.

Diketahui buah ciplukan memiliki kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan loh, disamping itu beberapa bagian tanaman mulai dari daun, batang dan akar, juga mempunyai manfaat dalam mengobati.

Beberapa khasiat dari tanaman satu ini ialah dapat digunakan untuk mengobati luka, mencegah epilepsi, melancarkan pencernaan, mencegah infeksi, menurunkan gula darah dan masih banyak lagi.

3. Rumput meniran.

Meniran (Phyllanthus urinaria) merupakan tanaman liar yang dapat dengan mudah di jumpai, karena memang tanaman satu ini pada dasarnya sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik itu di perkarangan rumah, semak blukar hingga di dalam pot bunga kamu.

Namun siapa sangka bahwa rumput meniran yang sering dianggap sebagai gulma ternyata bisa menjadi obat herbal dalam mengatasi beberapa penyakit seperti mengatasi demam, disentri, mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah, serta dapat menjadi obat luka kulit.

4. Rumput mutiara.

Berikutnya ada rumput mutiara. Rumput mutiara adalah rerumputan liar yang cukup mudah ditemui dimana saja mulai dari kebun, tepi sungai, semak-semak dan blukar, bahkan jika kamu sendiri tak sadar bahwa rumput satu ini juga tumbuh di perkarangan rumah.

Tanaman rumput mutiara biasa digunakan dalam bahan baku pembuatan obat tradisional, salah satu khasiat dari rumput mutiara yang dikenal ialah mencegah sel kanker berkebang ketahap lebih lanjut.

Disisi lain beberapa khasiat lainya juga bisa mengobati bisul dan jerawat, mengatasi masalah infeksi pada luka kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Rumput Teki.

Tanaman satu ini kerap dipandang sebelah mata, hal ini karena memang termasuk rerumputan liar yang mudah tumbuh. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa rumput teki menyimpan segudang khasiat yang baik untuk kesehatan. Khasiatnya ada pada bagian umbinya (akar),

Pada umbi rumput teki memiliki senyawa yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Walaupun mempunyai rasanya yang sedikit pahit, namun rumput satu ini memiliki aroma yang cukup wangi.

Beberapa manfaat dari rumput teki ialah bisa mengobati luka hingga mengatasi kolesterol jahat dalam darah.

Nah itulah beberapa tanaman liar yang bisa dijadikan obat alternatif. Siapa sangka bukan, tanaman yang biasa kita anggap gulma ternyata mempunyai khasiat dalam mengobati.

Sumber : healty99

By laurel