4 Rekomendasi Cerita Rakyat Sebelum Tidur

Parenting

Anak-anak tentu sangat senang jika dibacakan cerita rakyat sebelum tidur. Selain membuat mereka lebih cepat mengantuk, cerita ini juga lekat dengan makna. Sehingga bisa diambil makna baik untuk kehidupan mereka nantinya.

4 Rekomendasi Cerita Rakyat Sebelum Tidur

  1. Angsa dan telur emas

Rekomendasi cerita rakyat pertama yang bisa digunakan adalah Angsa dan Telur Emas. Kisah ini sudah sangat populer yang menceritakan keserakahan dari seorang petani yang memiliki telur emas. Mereka hidup bersama sangat lama namun uniknya Angsa ini mampu memproduksi telur emas.

cerita rakyat 2

Dalam dongeng sebelum tidur ini diceritakan petani lupa diri sehingga meminta Angsa untuk selalu bertelur. Meskipun sudah memiliki selusin namun tetap mengharapkan telur yang lebih banyak. Petani ini kehilangan kendali dan kesabarannya.

Sehingga petani akhirnya menyembelih Angsa yang telah memberikan banyak telur emas untuknya. Harapannya sangat tinggi untuk mendapatkan telur emas di dalam tubuh Angsanya. Namun sayang tidak ada satu pun telur yang ditemukan di dalamnya.

  1. Lebah dan Beruang

Cerita rakyat kedua yang bisa digunakan adalah Lebah dan Beruang. Ceritanya dimulai dari Beruang yang sedang mencari makanan di dalam hutan. Akhirnya dia menemukan pohon yang tumbang untuk mencari tahu isi di balik pohonnya.

Ternyata di dalamnya ada banyak madu yang menggiurkan untuk dimakan. Namun sayang tak lama kemudian lebah datang dan menyengat hidup Beruang agar tidak mencuri madunya. Namun bukannya jera, Beruang justru marah besar.

Dia pun tidak bisa menahan amarahnya dan langsung menendang pohon yang tumbang tersebut. Hal ini membuat sarang lebah yang ada di balik pohonnya rusak. Otomatis lebah yang ada di dalam sarangnya marah dan menyengat Beruang sampai puas.

  1. Malin Kundang

Tentunya dongeng sebelum tidur yang satu ini sudah banyak didengarkan karena lekat dengan makna yang baik. Malin Kundang diceritakan anak yang durhaka pada Ibunya sehingga dia mendapatkan hukumannya. Bisa menjadi contoh yang baik untuk anak yang sulit diatur.

Ceritanya diawali dari seorang yang miskin dan memiliki anak laki-laki. Alasannya untuk memperbaiki kehidupan anak laki-laki itu pergi ke kota. Namun sayang setelah kaya dia tidak mau mengakui Ibunya sendiri.

Sampai akhirnya Ibunya mendengar bahwa anaknya itu sudah sukses dan pergi ke kota untuk menemuinya. Namun sayang anak itu bukannya senang ditemui Ibunya namun justru marah dan tidak mengakuinya. Dia sangat malu memiliki Ibu yang kurus dan miskin.

Sang Ibu sangat marah di bawah kendalinya dia mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Langit mengabulkan kutukan akibat kemarahan seorang Ibu. Akhirnya anak itu menjadi batu besar.

  1. Kancil dan Buaya

Cerita bagus keempat yang cocok untuk penghantar tidur berikutnya adalah Kancil dan Buaya. Diawali dari Kancil yang ingin menyeberang namun banyak kawanan Buaya di sana. Akhirnya Kancil berpikir cerdik dengan seolah membawa kabar untuk Buaya dari Raja Hutan.

Raja Hutan meminta Kancil untuk menghitung jumlah Buaya yang ada di sungai agar datang ke pestanya, begitu katanya. Akhirnya Buaya dengan senang hati berbaris satu persatu ke sungai menuju daratan. Dengan sigap Kancil naik ke punggung Buaya dan menghitungnya dengan keras.

Namun sesampainya di daratan dia segera berlari dan meninggalkan Buaya yang kebingungan. Ternyata ini strategi Kancil untuk lolos dari Buaya.

Dari beberapa cerita rakyat sebelum tidur tersebut bisa digunakan untuk memberikan pengajaran yang baik untuk anak. Anak pun akan suka dengan karakter dan makna di dalamnya.