Mimpi buruk dapat menyerang siapa saja, ketika ia sedang tidur. Biasanya ini terjadi ketika seseorang depresi, sibuk, dan tidak merasa baik. Jika kondisi ini terjadi sekali atau dua kali dan itu akan hilang dengan sendirinya, itu adalah mimpi buruk dapat dikatakan normal. Namun, jika Anda mengalaminya hampir terlalu banyak sehingga menyebabkan rasa takut untuk tidur bahkan tidak bisa tidur dalam damai, Anda harus perlu berkonsultasi dengan dokter.

Karena beberapa kasus, mengalami mimpi buruk terus-menerus dapat menjadi indikasi kesehatan sedang dikompromikan. Adapun beberapa penyebab seseorang bermimpi buruk, antara lain, depresi, kurang tidur, gangguan kecemasan, post traumatic stress disorder (PTSD), pengaruh obat-obatan tertentu. Kondisi sering mengalami mimpi buruk tidak boleh dianggap remeh karena dapat mempengaruhi kesehatan.

Beberapa dampak yang akan mempengaruhi kesehatan karena sering memiliki mimpi menakutkan setiap hari, antara lain:

1. Sering merasa mengantuk saat siang hari.
2. suasana hati Gangguan
3. Merasa takut atau sulit tidur karena tidak ingin bermimpi kembali menakutkan.
4. Untuk beberapa kasus yang dapat menyebabkan bunuh diri.

Tidak jarang terganggu tidur karena mimpi buruk sangat erat kaitannya dengan kondisi psikologis seseorang. Jadi penyembuhan do membutuhkan bantuan psikolog atau psikiater jika mimpi yang menakutkan terjadi terlalu sering dan berulang kali. Agar kondisi ini berlarut-larut dan merugikan kesehatan di masa depan, kebutuhan untuk perawatan upaya yang harus dilakukan, antara lain:

1. Mengubah dosis obat resep.

Untuk kondisi mimpi buruk yang terjadi akibat efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter kembali untuk perubahan dosis obat yang dikonsumsi. Selain itu juga bisa meminta penggantian resep yang tepat.

2. Terapi perilaku kognitif.

Sebagian besar kasus seseorang mengalami mimpi buruk karena mengalami depresi atau gangguan kecemasan. terapi kognitif menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu pasien memulihkan kondisi dan juga tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Mengurangi atau kegiatan menghindari yang dapat memicu stres.

kondisi stres karena terlalu banyak pikiran sering menjadi penyebab seseorang mengalami mimpi buruk. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mengurangi atau menghindari kegiatan yang dapat memicu kondisi stres. Bahkan jika mereka mengalami stres untuk pekerjaan rutin sehari-hari pada, seperti bekerja, kemudian menghabiskan beberapa waktu di sela-sela untuk beristirahat atau menyegarkan aktivitas untuk sementara waktu. Mengelola stres dengan baik agar tidak mengganggu tidur Anda di malam hari.

4. Berolahraga secara teratur.

Mempertahankan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimpi buruk terus-menerus. Dengan berolahraga secara teratur dan melakukan pola yang sama dari tidur setiap hari dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres yang berlebihan. Anda juga bisa mulai mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin karena bisa mengganggu kualitas rutin dan tidur. Anda juga dapat menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur, seperti lampu kamar remang-remang, menambahkan aromaterapi untuk menciptakan rasa tenang dan santai, dll sehingga dapat saat tidur lebih nyenyak.

Itu adalah beberapa efek kesehatan dari mimpi buruk dan cara mengatasinya. Yang kita tidak bisa mengambil untuk diberikan dan kebutuhan untuk mencari solusi jika pemulihan terjadi berulang-ulang. Karena dalam beberapa kasus karena mereka tidak bisa mengalami kondisi ini, akhirnya keinginan untuk hidup akhir atau bunuh diri. Tentu saja hal ini bisa dikataka